Yamaha MIO,nama yang tidak asing di telinga masyarakat indonesia.Skutik kecil yang lincah dan bertenaga asal pabrikan jepang.Yamaha Mio pertama kali diluncurkan oleh PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) pada 2003 lalu.Mio juga sempat menjadi motor terlaris pada tahun 2004 silam,dengan berbekal mesin 113cc dengan sistem pembakaran menggunakan karburator yamaha mio mampu memikat pasar pengguna roda dua di indonesia.
Dari segmen Mio series ada banyak jenis Mio di indonesia,dimulai dari MIO automatic/sporty,MIO SOUL,MIO J,MIO GT,MIO M3,MIO Z,dan yang terakhir ada MIO S.
MIO GENERASI PERTAMA 2003-2007
Gambar yamaha mio automatic 2003 by riderbaik.com
Pada mio generasi pertama ini,Yamaha mungkin mengutamakan pasar untuk kaum hawa(wanita) dengan design yang sangat minimalis dan lebih terkesan elegan,dapat dilihat dari segi warna,jenis velg menggunakan velg jari jari dan design striping/polet yang ada gambar bunga-bunganya.

Gambar yamaha mio sporty 2004 by
buka review.com
Namun melihat pasar indonesia,ternyata kaum adam (laki laki) pun banyak yang minat pada yamaha mio ini,dan yamaha pun meluncurkan gebrakan baru dengan design yang lebih sporty dan ada perubahan pada segi segmen velg dan permainan warna yang lebih ke warna laki laki.
Dapat dibedakan dari design sebelumnya,dimulai dari warna yang lebih macho dan terkesan sporty,design behl (pegangan boncengers) yang lebih sporty dari sebelumnya,velg juga di design lebih sporty dengan menggunakan bahan alloy forged.
MIO SPORTY GENERASI KE 2 2007-2013

Gambar yamaha mio 2008 by bukalapak.com
Namun pada 2008 Yamaha mio melakukan pembaruan di segi design bagian depan,yang jelas terlihat yakni di bagian segi penerangan/lampu depan.Pada generasi sebelumnya (2003-2007) design lampu senja dan lampu sein masih menyatu dalam 2 reflektor di samping,namun pada mio 2008 ini lampu senja dan lampu sein dipisah dengan design yang lebih manis.Design mio generasi ini hanya sampai tahun 2013 saja dan setelah itu digantikan dengan mio j,dan mio fino
MIO SOUL 110 2007-2012

Gambar mio soul generasi pertama/2007 by detikoto.com
Mio series pada tahun 2007 sudah mulai bervariasi,dengan munculnya MIO SOUL 113 tentunya yamaha berani berinovasi dan berani memunculkan varian baru.Dengan ini konsumen diberi opsi oleh yamaha untuk memilih unit impian masyarakat indonesia,dengan design yang sedikit besar dimensinya dibanding mio sporty tentu menjadi pertimbangan bagi masyarakat yang mempunyai badan agak sedikit besar dan ingin menggunakan skutik dari yamaha.Mesin dari MIO SOUL ini masih sama dengan mio sporty pendahulunya menggunakan sistem pembakaran karburator dan berkubikasi mesin 113cc.
Kiprah MIO SOUL di indonesia nampaknya cukup lama generasinya dari tahun 2007-2012 dengan design yang sama,pada tahun 2007-2012 mio soul hanya melakukan perubahan minor saja,bermain di segi warna dan design striping/polet saja.
Selanjutnya generasi MIO SOUL digantikan oleh yamaha SOUL 115,yupss di generasi Yamaha Soul ini tentunya menghilangkan nama MIO-nya,tentunya Yamaha soul ini sudah tidak termasuk ke dalam MIO SERIES lagi.
MIO FINO 2008-2012
Gambar mio fino110 2008-2012 by zeus battery
Sama kiprahnya dengan mio soul110,MIO FINO 110 ini juga masih sama mesinnya dengan mio sporty dan mio soul110.Namun lagi lagi Yamaha ingin menggebrak kelas baru di mio series,dengan design yang cukup unik pada jamnnya,mio fino ini juga banyak diminati masyarakat indonesia,dengan berbekal design seperti ini mio fino ini juga memikat hati para wanita indonesia untuk memilikinya (mungkin karna designnya yang lucu).Tidak banyak improvement di mio fino ini,segi penerangan masih sama menggunakan bohlam seperti pada mio-mio sebelumnya.
Mio fino ini juga mempunyai generasi ke 2 pada tahun 2014,namun namanya berubah menjadi FINO 115 dan pada 2016 ada improvement lagi menjadi FINO 125 sampai 2021 ini,yaa lagi-lagi nama MIO dihilangkan pada segmen MIO FINO ini dan tentunya menjadi di black list di keluarga MIO SERIES
MIO J DAN MIO GT 115

Gambar MIO GT 2012-2015

Gambar MIO J 2012-2015
Kedua motor diatas tentunya berbeda design muka namun masih banyak kesamaan di segi mesin,design belakang dan masih banyak lagi.Kedua motor ini juga "MIO J dan MIO GT" sama sama diluncurkan pada tahun 2012-2015,setelah 2015 kedua motor ini berhenti berkiprah di segmen MIO SERIES karena pasar yang kurang bagus tidak seperti mio-mio sebelumnya.Di seri MIO J dan MIO GT ini Yamaha mulai menggunakan mesin bersistem injeksi dan adanya teknologi Yamaha Mixture-Jet Fuel Injection (YMJet-FI), DiAsil Cylinder dan Forged Piston untuk kinerja mesin yang optimal dalam penggunaan sehari-hari yang membuat akselerasi lebih cepat dan konsumsi bahan bakar lebih irit 30%.
MIO M3 dan MIO Z 2014-2021

Gambar MIO M3 & MIO Z 2014-2021
by yamahamegautama
Yamaha nampaknya mengeluarkan kedua motor ini hanya untuk mengisi kelas matic kecil yang lumayan bertenaga karna dibekali mesin injeksi dan Blue core sistem yang mana yamaha mampu mengklaim kedua motor ini bisa irit sampai 50% dari generasi generasi sebelumnya.Kedua motor ini sangat beda tipis dari segi design,bedanya hanya di bagian permainan warna,striping dan ukuran velg saja.Ukuran velg yamaha mio z lebih besar dibandingkan yamaha mio m3.Pada dasarnya MIO M3 lebih dahulu keluar dibandingkan MIO Z,oleh karena itu mungkin pihak YAMAHA hanya melakukan perubahan ukuran velg,permainan warna dan perubahan saja pada MIO Z,yang jelas intinya kedua motor ini sama saja,tinggal mengikuti selera kita saja.
MIO S 2019-sekarang

Gambar yamaha MIO S 2019-now
Generasi terhakhir saat ini di MIO SERIES yakni MIO S.Motor ini terdapat perubahan yang cukup banyak sekali,mulai dari fitur dan design.Kubikasi mesin masih sama menggunakan injeksi 125cc blue core sistem.Dimulai dari bagian depan,pada MO S ini sudah menggunakan LED head light,yang mana penerangan di motor ini sudah jangan diragukan lagi,selanjutnya ada fitur answer back sistem yang mana fungsinya untuk mengetahui keberadaan letak motor kita ada dimana,apalagi di parkiran mall mall besar tentunya kita suka kebingungan menemukan motor kita karna luasnya parkiran.Selanjutnya ada teknologi lampu hazard/lampu darurat.Tanki pada MIO S juga tentunya lebih besar,kini mejadi 4,2 liter.Smart lock juga menjadi salah satu fitur di motor ini,fungsinya untuk mengunci rem ketika motor kita sedang parkir,apalagi jika parkir di tempat yang agak menurun,pastinya fitur ini sangat berguna.Eco indicator,forged diasil engine,side stand swich,dan yang terakhir yaitu adanya my yamaha connected.Warna yang ditawarkan juga cukup banyak,ada 5 pilihan warna yang dapat kalian pilih,yakni warna magnificient cyan,misterious red,mighty black,marvelous blue,dan mesmerize pink.
Itu dia sedikit pembahasan tentang sejarah YAMAHA MIO SERIES di Indonesia
typer : YUDHIS WAHID NURBANI
Komentar
Posting Komentar